Hukum Merokok

Kamis, Oktober 25, 2007

Bagaimanakah sebenarnya hukum merokok ? ketika jaman Rasulullah apakah sudah ada rokok ?? Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pemikiran bagi umat Islam apalagi profesi guru yang bisa menjadi panutan bagi para siswa...

Makruh ? itu dulu Sekarang ????????

DetikNews:
Merokok Cenderung Haram
Alasan-alasan Merokok Haram
Ketagihan Merokok Lebih Berbahaya dibanding Psikotropika Lainnya
Ingin Stop Merokok ? Tenang ada obatnya koq

Syariah Online
Halal Guide (Fatwa)
Makruh ! itu dulu sekarang ? Haram !! coba check link berikut Hukum Merokok

tambahan dari millist [Maju,Cerdas&Kompetitif] [OOT] Jantung Balita Bocor karena Bapak Merokok :(


Dua hari lalu saya ke kantor klien, kami ada janji ketemu...
Tak lama kemudian datang tamu lain, kami sama-sama menunggu di ruang tamu...
Kenalan singkat terjadi...

"Bapak punya korek", tanyanya..
Saya jawab, "Maaf, saya tidak merokok". Sopan.
Dia mulai mengeluarkan rokok dari saku.
"Maaf pak, bisakah bapak tidak merokok di ruangan seperti ini?"
Keberanian saya menegur, membuat nyalinya batal merokok..

"Sejak kapan merokok?" tanya saya...
"Sejak sekolah"
Saya nanya lagi, "Apakah bapak tidak tahu bahaya rokok?"
"Ya tahu, tapi lebih bahaya lagi yang tidak merokok"
"Lha kalau bapak tahu seperti itu, mengapa bapak merokok di samping saya yang tidak merokok? khan sama saja bapak membahayakan saya?". SKAK MAT...

Saya sebenarnya tak peduli orang merokok..
itu pilihan mereka sendiri khan?
sudah jelas ditulis merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, impotensi... ehh maksa nekat saja, ya udah ambil itu semua penyakit, hehehe...

Pernah di bus umum, 2 anak muda (sangar pisan) merokok di kursi belakang saya persis. Saya langsung noleh, "Mas, maaf, saya kalau ada yang merokok langsung pusing. Bisakah sampeyan tidak merokok di kendaraan umum seperti ini?". Ehh... dia nurut juga sama penumpang yang punya nyali.. padahal kalau mereka tersingggung terus nantang saya, jelas saya kalah karena gak bisa bela diri, wakakak...

Buat para perokok, pikirkan dampaknya seperti case di bawah ini...
Jangan demi kesenangan pribadi lalu anda menyakiti anak istri....
Buat para istri, apa enaknya punya suami merokok?
Minta mereka berhenti sekarang juga...
Bau napasnya itu lho... hehehe...

Regards,
/MI

Rabu, 20 Feb 2008,
Jantung Abel Bocor karena Bapak Merokok


SURABAYA
- Shalsabella Aurellia, balita 3,8 tahun yang menderita kebocoran
jantung, mulai kemarin (19/2) dirawat di bagian anak RSU dr Soetomo,
Surabaya. Selama pemeriksaan, balita asal Solo itu sama sekali tidak
menangis.

Rona mata Abel (panggilan akrab Shalsabella) justru
tampak cerah, menyiratkan harapan. Anak pertama pasangan Hari Susianto,
30, dan Wahyuni, 28, itu tiba di RSU dr Soetomo sekitar pukul 10.00.

"Abel
seharian tidak bisa tidur. Dia terus berceloteh semalaman (Senin malam
lalu, Red)," cerita Wahyuni kepada Jawa Pos ketika menunggu giliran
diperiksa. Di sampingnya, Abel tampak cuek. Matanya sibuk melihat
seluruh isi ruang tunggu.

Di RSU dr Soetomo Abel diperiksa di
ruang echocardiography (khusus pemeriksaan jantung). Di ruang itu sudah
menunggu beberapa dokter. Mereka antara lain Prof Dr dr Teddy Ontoseno
SpA(K) Sp JP dan dr Mahrus Rahman SpA(K).

Teddy mengatakan,
pihaknya menyambut positif upaya pengobatan Abel. Menurut dia,
penanganan terhadap kebocoran jantung pada balita seperti itu sangat
tepat. Sebab, penderita masih memiliki masa depan yang panjang.
"Kemungkinan penderita sembuh seperti anak-anak normal cukup besar,"
katanya.

Mengapa jantung bayi bisa bocor? Teddy menjelaskan,
hal itu sangat dipengaruhi perilaku ibu ketika hamil. Kata dia, fase
yang menentukan adalah pada trimester pertama pembentukan janin. Pada
fase inilah, jantung bayi terbentuk.

Teddy menambahkan, ibu
hamil yang perokok pasif berisiko pada janin yang dikandungnya. Di
antaranya jantung janin tak terbentuk sempurna. Dalam kasus Abel, suami
Wahyuni memang perokok berat. "Ketika mengandung Abel, saya sering
menghirup asap rokok suami saya," cerita Wahyuni. "Saya sudah
mengingatkan berulang-ulang, tapi dia (suaminya, Red) tidak
menghiraukan, " keluhnya.

Senada dengan Teddy, dokter spesialis
bedah toraks kardiovaskuler Prof Dr dr Paul Tahalele FCTS mengatakan,
fase kehamilan tersebut penting untuk dijaga. Selain ibu yang perokok
pasif, penyebab kebocoran pada jantung pada bayi, antara lain,
obat-obatan. "Bisa jadi ibu sempat minum obat antihamil ketika
mengandung. Biasanya mereka hendak menggugurkan kandungannya, tapi
tidak jadi," terangnya.Pemeriksa an Abel dilanjutkan hari ini.

Seperti
diberitakan, Abel yang berasal dari keluarga miskin itu bisa dirujuk ke
Surabaya berkat kepedulian beberapa pengusaha yang dikoordinatori Ny
Shinta Agus Wibisono. (aga/kum)

http://www.jawapos. co.id/index. php?act=detail_ c&id=327001

6 komentar:

Fatimah Mirnisi mengatakan...

hahahahaha . . . mas .... mas.... ati-ati ah kalo ngomong haram, dari dulu ampe karang untuk roko kaga ada hukum yang jelas halal, haram, makruh dll. Jadi jgn seenaknya aje ngomong haram. Trus kata siapa merokok itu buang-buang uang utk hal yg tdk bermanfaat....mikir dong ah, para perokok itu rela kanker, rela bronkitis demi nasib petani tembakau, demi buruh pabrik roko, demi pedagang asongan dll..........emang situ bissa ngempanin mereka-mereka....ngomong doang haram...wa sa iram muka lu kaya garam. ..... Sebatang rokong yang mereka hisap merupakan wujud kepedullian kepada nasib petani tembakau. .. Pengorbanan mas... (btw saya ndak meroko, tapi saya salut sama mereka yang meroko...ngga kaya situ...ngecap doang bisanya...emang situ Tuhan...maen haram aje ) ati2 ah...liat2 dulu kalo mo ngomong

dien mengatakan...

Terima kasih atas kunjungannya... mohon baca dulu link yang tertera disana, pendapat itu bukan hanya pendapat pribadi tapi tapi ikhwal yang menyertainya. Moga bermanfaat untuk semua. Amiiin

ken mengatakan...

Fatimah Mirnisi anda seharusnya baca dulu baru komentar. Tapi saya maklum kok, soalnya manusia memang biasa begitu. Kalau anda sebut itu pengorbanan, bagaimana dengan para pemakai ganja? apakah mereka bisa disebut mengorbankan diri untuk para petani ganja, pengedar ganja dan bos - bos ganja? memang haram atau tidak, itu urusannya Tuhan, tapi kitalah yang menentukan untuk mengatakan ya dan tidak dalam melakukan suatu perbuatan. Disinilah ujian dari Tuhan untuk kita, apakah kita sebagai manusia dapat menggunakan akal pikirannya dengan baik atau tidak. Seperti Firmannya Bahwa orang yang tidak berpikir itu orang yang merugi di dunia dan di akhirat. Semoga Allah SWT memberikan ampunan pada diriku ini. Amin.

A. Romadhon mengatakan...

udah -udah nggak usah pada ribut..!
bagi yang mganggep rokok haram..ya ngga usah merokok...end bagi yang nganggep rokok tidak haram yang jangan trus seenaknya merokok di sembarang tempat, kasihan yang tidak merokok ikut-ikutan kena dampaknya. ( intinya saling menghormati dan saling menghargai )...OKE!! GITU AJA KOK REPOT!

I Kadek Bagus Widana Putra mengatakan...

merokok memang haram hukumnya , krena mengandung zat2 racun yg berbahaya bagi tubuh manusia...mskipun bgtu tetap saja tdk dpt di hentkan krena akan merusak keseimbangan perekonomian negara

indah mengatakan...

Akhir- akhir ini menurut kabar merokok memang sudah di haramkan. Apalagi sejak ada penemuan bahwa rokok mengandung darah hewan babi.